Senin, 02 April 2018

masjid assyafaah



Siang itu saya berkesempatan untuk mendatangai suatu masjid yang sngat bagus secara arsitektural, karena masjid ini telah mendapatkan beberapa penghargaan tingkat asia maupun dunia sebagai masjid dengan desain arsitektur yang unik, masjid tersebut adalah Masjid Assafaah yang terletak di 1 Admiralty Lane, Singapore 757620.  Masjid tersebut terlihat tanpa kubah dengan gaya arsitektur yang modern dengan desain masjid yang simple dan yang membuat masjid tersebut mendapatkan beberapa penghargaan yaitu dari dari minoret yang terdapat bulan dan bintang bukan di atas tapi di tengah.




Masjid ini terletak di dekat pantai dan di sekitar kawasan masjid adalah pabrik sehingga membuat suhu di sekitar masjid menjadi panas, namun fisika banguana dalam masjid assyafaah ini sangat berjalan dengan baik karena masjid terasa sejuk di karenakan angina dari laut dimasukan kedalam masjid tanpa membawa panas udara dari luar dan pencahayaan di masjid sagat cerah karena masjid terdapat bayak bukaan dan dari bukaan tersebut di manfaatkan untuk mengisi ornament kaligrafi islam. Masalah yang di hadapi majid ini dadalah saat hujan, jika hujan turun air hujan akan masuk kedalam masjid dan akan membasahi ruang di dalam nya, namun dengan system pengorganisasian yang ada masjid terlihat tetap bersih walau sebelum masuk masjid hujan dan didalam semua karpet terlipat dengan cepat dan tidak menimbulkan basah di dalam.



Suasana masjid yang sayaa rasakan yaitu adem dan tenang pemanfaatan fisika bangunan dan konsep ornament islam yang di gunakan membuat nyaman di masjid ini, pemanfaatan air di masjid ini sangat bagus dari pengolahan air yang suci dan tidak suci. Selain itu masjid juga di lengkapi dengan beberapa fasilitas seperti lift ruang resepsionis yang ramah, ruang seminar, ruamng penjamuan tamu, dan lain lain.



Masjid ini sangat berperan bagi masyarakat sekitar sana, terutama masyakat muslim yang tinggal di singapura karena di masjid tersebut terdapat binaan terhadap warga muslim di singapura. Yang saya rassakan saat saya di sana pertama kali adalah suasana kekeluargaan yang tercipta sesaat oleh para takmir masjid dan kami mahasiswa arsitektur, menurut dosen saya bapak andika di mata kuliah arsitektur masjid “ jika tujan masjid itu tercipta maka akan menyalur ke masyarakat sekitar dan tujuan masjid itu berpengaruh dengan perilaku pengguna masjid”, hal tersebut membuat saya bertrimakasih atas yang mendesain masjid ini karenaa pembagian ruang yang sangat sesuai sehingga tidak terjadi persimpangan ruang, karena masjid jadi batas/ satir harus jelas. Penataan ruang dari lantai satu di manfaatkan sebagai tempat ibadah yang pria dan lantai dua untuk ibadah yang perempuan, di lantai dua ini kami juga di sambut di area ini dengan satir yang ada saya tidak menemukan sirkulasi yang salah sehingga menemukan antara batas perempuan dan laki laki itu bertabrakan.

Penataan ruang dan perilaku pada masjid ini sangat berdampak pada warga sekitar terutama warga muslim sehingga desain masjid ini menyesuakan dari lingkungan sekirar yaitu pabrik, masjid ini menyerupai pabrik tapi menurut saya masjid ini lebih dari masjid dan masjid ini lebih dari bangunan pencakar langit yang ada di singapura.

Karena pengelolaan masjid yang menggunakan dana sendiri tanpa ada bantuan dari negara lain/ biaya dari negara masjid ini perawatan nya sangat kurang dari segi strukural saya melihat bayak kolom kolom yang mulai retak dan kurang bias menopang beban di atasnya saya melihat langit langit plat lantai juga mulai ada retak, mungkin karena singapura minoritas muslim jadi perawatan dan pendanaan masjid sangat kurang dan masjid masih jarang di singgahi oleh orang muslim, karena adzan sholat haya untuk masjid/ pengeras suara di masukan dalam sehingga tidak mmengganggu orang / warga sekitar sehingga jamaah sholat tidak begitu bayak.




            Masjid ini adalah salah satu masjid yang sangat bagus di singapura selain sebagi syiar dakwah kaum muslim masjid ini juga pertanda jika singapura juga masih ada penduduk islam yang ramah ramah dan masih berpegang teguh kepada ajaran islam . walau sesungguhnya orang islam tinggal di singapur itu sulit tapi masjid ini membuktikan bahwa islam layak tinggal dan mungkin kelak islam akan Berjaya di singapur, masjid ini walau dari yang merancang bukan orang muslim tapi masjid ini mengajarkan saya sebagai seorang yang kelak akan menjadi seorang arsitek, untuk menciptakan bangunan yang manfaat bagi mayarakat dan agama . masjid aja biasa di desain oleh seorang non muslim masak kita yang kuliah di jurusan arsitektur islam tidak bias mendesain yang lebih dari ini.





















0 komentar:

Posting Komentar